Pelajari-Teknik-dan-Bisnis-Sepeda-Motor-untuk-Raih-Keuntungan

Pelajari Teknik dan Bisnis Sepeda Motor untuk Raih Keuntungan

Apa yang pertama kali terpikirkan dari teknik dan bisnis sepeda motor? Jika pikiran Anda mengarah ke bisnis jual beli motor bekas, ternyata pengertiannya tidak sebatas itu.

Sekarang, SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan menjadikan TBSM sebagai sebuah jurusan. Belakangan bahkan jurusan ini menjadi buah bibir atau perbincangan kalangan SMK.

Terutama bagi orang tua yang akan menyekolahkan anaknya pada tingkatan sekolah menengah atas tersebut. Berbagai pertimbangan tentu menjadi alasan murid masuk TBSM.

Tujuan utama orang tua menyekolahkan anaknya ke SMK supaya dapat memperoleh pekerjaan secara mudah sesuai bidang keahliannya. Melirik pasar, kebutuhan tenaga kerja di bidang otomotif TBSM sedang gencar.

Sehingga tidak heran jurusan tersebut jadi primadona. Lantas apa sebenarnya TBSM? ternyata TBSM merupakan kegiatan merancang, membuat, dan menggunakan alat-alat mesin.

Hal ini tentunya untuk kepentingan kendaraan bermotor. Ada banyak lapangan pekerjaan bisa diambil dari TBSM, diantaranya teknisi, modifikator, periset, hingga buka bengkel sendiri.

Baca juga:  Bagaimana Cara Daftar Grab Motor dan Mobil Beserta Syaratnya

4 Profesi Setelah Lulus dari Jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor

Jurusan ini menggabungkan berbagai keilmuan sekaligus, seperti listrik, mekanika, elektronik, keselamatan, fisika, ipa, manajemen, matematika, dan sebagainya. Adapun profesi atau pekerjaan paling relevan setelah lulus adalah:

1. Teknisi Mekanik Otomotif

Teknisi mekanik ini secara general bukan hanya mengarah pada perbaikan sepeda motor, bisa juga untuk jenis kendaraan lainnya. Namun, di sini kami akan mengulas profesi khusus untuk sepeda motor.

Tugas dari pekerjaan ini adalah merawat dan memperbaiki kendaraan bermotor dengan bahan bakar bensin. Itu artinya, secara general, jika bahan bakar kendaraannya solar maka atau gas maka tidak bisa diperbaiki oleh profesi tersebut.

Berbeda bahan bakar akan berpengaruh terhadap performa kendaraan secara keseluruhan. Sistem perawatan yang diberikan juga berbeda, sesuai dengan keadaan kendaraan pada saat mengalami kerusakan.

2. Ahli di Bidang Chasis

Sasis atau chasis merupakan salah satu dari tiga bagian kendaraan, yaitu bodi dan aksesoris. Sasis sendiri merupakan mesin, rangka, pemindah tenaga, sistem rem, dan sistem kemudi. Sebenarnya sasis mampu melaju tanpa bodi, namun tidak akan indah dipandang.

Pernah melihat anak motor jalanan yang menggunakan mesin motor saja ketika berkendara? biasanya mereka akan menggunakan media pengganti, seperti ban, kayu, kaleng bekas, dan sejenisnya. Mesin memang bisa berjalan, tapi tidak memenuhi SOP keselamatan.

Itu sebabnya pengendara seperti ini akan melalui jalanan tanpa penjagaan polisi atau memilih waktu saat malam hari. Tugas dari profesi dalam bidang teknik dan bisnis sepeda motor adalah menyatukan semua elemen supaya memenuhi standar yang dibutuhkan.

Baca juga:  Cara Daftar Mitra Go Food secara Online dan Keuntungannya

3. Ahli di Bidang Kelistrikan Motor

Kendaraan juga memiliki unsur kelistrikan yang berpengaruh terhadap performa mesin keseluruhan. Ada yang menggunakan spul atau magnet untuk menjalankan kelistrikan pada kendaraan tersebut. Kian kemari, banyak produk sepeda motor dengan kelistrikan makin canggih.

Tugas memajukan teknologi kendaraan bermotor adalah pekerjaan teknik dan bisnis sepeda motor. Semakin banyak orang memahami cara kerjanya maka semakin canggih kendaraan sepeda motor yang notabene menjadi kendaraan paling merakyat di Indonesia.

Apalagi untuk memenuhi keseharian hidup di perkotaan, macet dan padatnya lalu lintas membuat orang lebih memilih menggunakan kendaraan roda dua dibandingkan mobil. Selain menghindari kemacetan jalan raya, juga menghindari keterlambatan tiba di lokasi.

4. Buka Bengkel Sendiri

Tidak semua murid dari jurusan TBSM akan menjadi pekerja di perusahaan tertentu, akan tetapi itu tidak mengindikasikan kegagalan setelah menimba ilmu. Justru kesempatan emas untuk menjadi pemimpin atas diri sendiri dengan membuka sebuah bengkel.

Merendahkan hati untuk terjun langsung ke lapangan memperbaiki kendaraan setiap pengendara bukan hal yang mengindikasikan rendah diri. Dengan turun langsung memberikan ilmu dan mengajarkan pada seseorang justru awalan yang baik.

JIka bisnis berjalan mulus maka perlahan Anda bisa menarik diri ke belakang layar dan membiarkan karyawan bekerja. Meskipun begitu, tetap wajib ada pengawasan atas kinerja para pegawai setiap harinya supaya bisnis tetap berjalan langgeng dan maksimal.

Sekarang ini sudah bukan saatnya lagi mengharapkan gaji bulanan dari pihak lain. Kondisi perekonomian semudah itu membalikkan nasib setiap orang. Jika tidak memiliki pegangan sendiri maka sulit bertahan untuk menghidupi keluarga. Untung, jurusan teknik dan bisnis sepeda motor memiliki banyak lapangan pekerjaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.