apa itu bisnis mlm

Apa itu Bisnis MLM? Berikut Penjelasannya Lengkap

Sekarang ini ada banyak jenis bisnis, salah satunya yang cukup populer adalah Multi Level Marketing. Bisnis Multi Level Marketing ini bukanlah hal yang baru, ada banyak sekali perusahaan yang menerapkan sistem MLM pada bisnis mereka. Apa itu bisnis MLM? Kenapa banyak perusahaan yang menerapkannya.

Ada banyak alasan, salah satunya adalah sistemnya yang menguntungkan perusahaan. MLM sendiri merupakan sebuah sistem penjualan dengan bentuk piramida. Dalam MLM terdapat jenis anggota, yaitu anggota upline dan anggota downline. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang MLM.

Apa itu Bisnis MLM

MLM adalah strategi pemasaran yang berantai, dimana tenaga penjual atau sales tidak hanya mendapat kompensasi atas penjualan yang dilakukan. Mereka juga akan mendapat kompensasi dari hasil penjualan sales lain yang mereka rekrut.

Baca juga:  8 Ide Bisnis Pertanian Yang Potensial

Bisnis MLL ini dikenal karena mempunyai sistem piramida sebagai sistem penjualannya. Dalam sistem ini terdapat istilah anggota upline dan downline. Yaitu ketika orang melakukan penjualan sesuai urutan pendaftaran mereka.

Dalam bisnis ini anggota upline harus mencari anggota downline sebanyak mungkin sehingga bisa mendapat bonus atau penghasilan berlipat. Sedangkan anggota downline adalah tenaga penjual yang direkrut oleh anggota upline.

Ciri-Ciri Bisnis MLM yang Baik

Setelah mengetahui pengertian apa itu bisnis MLM, selanjutnya Anda juga harus tahu ciri-ciri dari bisnis Multi Level Marketing yang baik. Seperti yang kita tahu, ada banyak bisnis MLM di luar sana namun tidak semuanya itu baik. Berikut ini ciri-ciri bisnis Multi Level Marketing yang bisa Anda ikuti.

1. Memiliki Produk atau Jasa

Ciri pertama dari bisnis MLM yang baik adalah harus mempunyai produk atau jasa yang dijual. Produk yang dijual ini pun harus produk berkualitas dan tidak asal-asalan. JIka ada Multi Level Marketing yang hanya mengandalkan uang saja, maka sebaiknya hindari bisnis tersebut karena bisa jadi penipuan.

Baca juga:  Mau Berbisnis? Contoh Peluang Usaha Terbaru Dan Terlaris

2. Perusahaan Sudah Terdaftar

Bisnis Multi Level Marketing bukanlah bisnis sembarangan, jadi perusahaan yang menerapkan bisnis ini pasti sudah terdaftar dan jelas. Contohnya adalah Asosiasi Penjual Langsung Indonesia atau APLI. Selain terdaftar, APLI ini juga mempunyai badan hukum yang jelas dan mempunyai kantor perwakilannya.

3. Harga Produk Masuk Akal

Ciri berikutnya dari sebuah bisnis MLM yang baika dalah memberikan harga yang masuk akal dan wajar sesuai kualitas produk tersebut. Jika produk yang dijual mempunyai kualitas bagus dengan bahan dasar dan berkualitas, maka wajar jika harganya cukup mahal. Namun jika produknya biasa saja dan harganya mahal, maka patut untuk dicurigai.

4. Mendapat Untung yang Sesuai

Sistem dari MLM ini tidak ditentukan dari siapa orang yang gabung duluan maupun gabung belakangan. Keuntungan yang didapat oleh setiap anggota diukur berdasarkan usaha mereka dalam memasarkan produk dan menargetkan para konsumennya. Oleh karena itu, ciri dari usaha MLM yang baik adalah anggota mendapat untung yang sesuai.

Baca juga:  Bisnis Online Tanpa Modal, Untung Besar

5. Anggota Upline Membimbing Downline

Ciri terakhir dari bisnis MLM yang baik adalah para anggota upine yang bisa membimbing anggota baru atau downline. Anggota upline harus membimbing downline supaya bisa menjalankan bisnis MLM seperti yang di lakukan oleh para anggota upline. Jika upline yang mengajak bergabung tidak mengajari cara bisnisnya, maka ini bukanlah MLM yang baik.

Nah itulah beberapa pengertian apa itu bisnis MLM dan ciri-ciri Multi Level Marketing yang baik. Bisnis ini memang terlihat sangat menggiurkan. Namun sebelum bergabung, pastikan Multi Level Marketing yang Anda masuki merupakan bisnis Multi Level Marketing yang baik dengan anggota upline yang mau membimbing Anda.