modal usaha counter hp

Modal Usaha Counter Hp, Potensinya Bikin Ngiler

Seberapa besar potensi keuntungan dari modal usaha counter Hp? Untuk menjawabnya, mari kita cek sekeliling. Berapa banyak orang yang memiliki telepon genggam? Tidak hanya orang dewasa, anak kecil pun sudah akrab dan mempunyai gadget tersebut.

Melansir sebuah artikel di Media Indonesia, menurut Kemenkominfo, pengguna smartphone menyentuh angka 167 juta. Selain untuk komunikasi, fitur lain pada ponsel pintar juga membuatnya menjadi perangkat yang banyak penggunanya. Tentu saja ini merupakan potensi yang bikin ngiler. 

Berapa Modal Usaha Counter Hp?

Ada beberapa fakta menarik, yaitu banyak orang yang memiliki lebih dari satu ponsel. Selain itu, tidak sedikit pula yang suka gonta-ganti perangkat smartphone, terutama jika ada seri terbaru yang rilis. Inilah yang membuat usaha konter HP menjadi potensial. Jadi, jika ingin menangkap peluang tersebut, silakan cek kebutuhan modalnya berikut ini.

1. Sewa Tempat

Satu modal utama bagi konter Hp adalah tempat usaha. Jika tidak memilikinya, tentu harus menyewa. Pilih lokasi yang strategis, contohnya mall, pasar, atau toko di jalan utama. Biaya sewa tempat bisa jadi sangat beragam, tergantung pada lokasinya. Jelas jika lebih strategis, maka harga sewanya akan semakin mahal.

Kisaran harga sewa ini, setidaknya adalah Rp 15.000.000,- per tahun, bahkan bisa lebih. Namun, jika ingin lebih hemat, sewa saja toko kecil terlebih dahulu. Dengan demikian, modalnya bisa lebih minim.

2. Perlengkapan Toko

Modal usaha counter Hp yang selanjutnya, sudah pasti perlengkapan toko. Paling utama, tentu harus memiliki etalase, rak dinding untuk memajang aksesoris ponsel, meja, dan kursi. Untuk awal, pilih etalase yang tidak terlalu besar. Biasanya harga etalase ini sekitar Rp 1.700.000 – Rp 3.000.000. Dengan penataan tepat, tentu bisa membuat konter lebih menarik.

3. Stok Smartphone

 

modal usaha counter hp

Sebelumnya, ada pembahasan mengenai fakta bahwa sebagian orang selalu ingin memiliki ponsel seri terbaru. Biasanya, mereka akan menjual ponsel lamanya untuk menukarnya dengan yang baru, meskipun masih dalam kondisi baik. Di lain pihak, sebagian orang lainnya memilih membeli ponsel bekas yang tentunya lebih murah.

Ini menjadi peluang bagi perintis yang memiliki modal usaha terbatas. Beli saja ponsel bekas yang masih bagus kondisinya sebagai stok di toko. Untuk nominal modal pembelian ponsel ini, bisa tergantung ketersediaan dana. Misalnya, bisa membeli 4-5 ponsel bekas berbagai tipe sebagai awal. Setidaknya persiapkan sekitar 5 – 6 juta untuk hal ini.

4. Modal Usaha Counter Hp Berupa Aksesoris Ponsel 

Tidak sedikit orang yang melengkapi smartphone miliknya dengan beragam aksesoris. Mulai dari gantungan untuk hiasan, earphone, holder, hingga casing.Peminat aksesoris ini cukup banyak, sehingga penjualannya bisa turut menunjang penghasilan tambahan dari konter ini.

Bisnis aksesoris ponsel ini cukup menggiurkan, karena banyak orang suka mempersonalisasi smartphone miliknya. Contoh yang paling sering tampak adalah penggunaan casing unik. Jadi, jangan lewatkan menyiapkan stok casing tersebut.

Untuk aksesoris ponsel ini, sebaiknya berburu agen murah terlebih dahulu, sehingga mendapatkan harga yang lebih ekonomis. Siapkan dana sekitar 2 jutaan untuk memenuhi konter. Namun, pastikan memperhatikan trend, sehingga aksesoris yang tersedia di konter adalah model terbaru.

Baca juga:  Jualan Untuk Anak SD: Receh, Tetapi Cuan

5. Modal Saldo Pulsa

Umumnya, konter Hp tidak hanya menjual ponsel dan aksesorisnya saja, melainkan juga tersedia pulsa dan kartu perdana. Untuk awal, Saldo pulsa bisa hanya dengan RP 1.000,000 saja. Adapun kartu perdananya, sebaiknya memilih dari berbagai provider agar mengakomodasi preferensi pelanggan.

Oleh karena modal pulsanya terbatas, sebaiknya memilih agen pulsa yang mau menerima transaksi online. Dengan demikian, tentu akan memudahkan menambah stok pulsa ketika mulai menipis. gunakan layanan e-banking agar tidak perlu meninggalkan konter untuk membeli saldo pulsa

modal usaha counter hp

Selain modal usaha counter Hp dalam bentuk uang, masih ada hal lain yang bisa menjadi aset, yaitu penguasaan penjualan online. Ya, meskipun memiliki lokasi usaha strategis, jangan enggan untuk memiliki toko online juga, sehingga bisa menjangkau pembeli lebih banyak lagi. Ingatlah bahwa potensi pasar ponsel dan aksesorisnya, sangat terbuka lebar.