kartu nama bisnis

Kartu Nama Bisnis: Pengertian dan Fungsinya Lengkap!

Tidak semua pebisnis memiliki kartu nama bisnis, banyak yang menganggap bahwa kartu nama tidak tidak terlalu dibutuhkan. Ada juga beberapa perusahaan yang tidak mau membuatkan kartu nama untuk semua karyawannya, hanya karyawan tertentu saja yang dibuatkan kartu nama.

Padahal sebenarnya kartu nama ini merupakan sebuah kertas kecil yang simpel, namun memiliki manfaat dan fungsi yang penting dalam bisnis. Anda harus memilikinya, lebih bagus lagi jika karyawan Anda juga memiliki kartu nama.

Pengertian Kartu Nama Bisnis

Sebelum lanjut ke fungsi-fungsi dari kartu nama, ada baiknya Anda mengetahui pengertian dari kartu nama terlebih dahulu. Kartu nama merupakan kartu yang menyampaikan informasi seorang individu atau perusahaan yang disampaikan hanya sebagai pengingat dalam perkenalan formal.

Business card ini biasanya berisi tentang nama perusahaan dan logonya, alamat pos, email dan nomor fax, nomor telepon, dan situs website perusahaan. Kartu nama ini merupakan sebuah keharusan untuk seorang profesional.

Baca juga:  Contoh Target Pemasaran Beserta Cara Menentukannya

Fungsi Kartu Nama Bisnis

Nah, supaya Anda makin paham betapa pentingnya kartu nama bisnis ini. Kali ini kami akan membagikan beberapa fungsi dari kartu nama bisnis yang harus Anda ketahui. Apa saja itu? Berikut fungsi-fungsinya.

1. Profil Diri

Kartu nama merupakan tanda pengenal yang bisa digunakan ketika berkenalan dengan orang yang baru ditemui. Orang yang menerima kartu nama ini bisa langsung tahu informasi penting tentang diri Anda lewat kartu nama tersebut. Jadi Anda tidak perlu menjelaskan satu per satu tentang diri Anda.

Orang yang menerima kartu nama bisa langsung tahu nama lengkap Anda, jabatan di perusahaan, nomor telepon, alamat email, dan lain-lain. Dengan adanya kartu nama ini orang lain bisa dengan mudah mengetahui siapa Anda dan apa pekerjaan serta jabatan Anda di perusahaan.

Baca juga:  Cara Membuat Pembukuan Keuangan Usaha Kecil

2. Informasi Tentang Bisnis

Fungsi kartu nama bisnis yang selanjutnya adalah untuk menampilkan informasi tentang usaha yang Anda punya. Dalam kartu nama, Anda harus menampilkan berbagai informasi penting tentang usaha Anda. Contohnya seperti nama perusahaan, logo, alamat website, alamat kantor, dan profil singkat perusahaan.

Ketika orang membaca kartu nama Anda, mereka bisa langsung tahu mengenai bisnis yang Anda jalankan. Anda tidak perlu menjelaskan secara panjag lebar tentang usaha tersebut karena di kartu nama sudah terdapat informasi tersebut.

3. Menunjukan Profesionalitas

Orang yang mempunyai kartu nama akan terlihat lebih profesional dibandingkan orang yang tidak mempunyai kartu nama. Oleh karena itulah, biasanya orang-orang di lingkungan bisnis sering saling menukarkan kartu bisnis mereka ketika berkenalan satu sama lain.

Dalam membuat sebuah kartu bisnis, Anda juga harus memperhatikan desainnya. Pastikan Anda membuat kartu nama yang menarik dan terlihat elegan. Jika kartu nama Anda terlihat biasa saja, orang akan malas melihat dan memperhatikan kartu nama tersebut.

Baca juga:  5 Daftar Nama PT yang Belum Terpakai dan Profesional

4. Membuat Orang Ingat

Ketika menghadiri sebuah event dimana banyak orang hadir di dalamnya,, tentu Anda tidak akan bisa mengingat semua orang yang Anda ditemui pada event tersebut. Begitu juga orang lain, mereka tidak akan ingat Anda karena ada banyak orang yang hadir pada pertemuan tersebut.

Cara paling mudah dan efektif membuat orang lain ingat Anda adalah dengan membagikan kartu nama. Dengan membagikan kartu nama, Anda bisa membuat orang-orang ingat dan menambah relasi Anda.

Nah itulah tadi penjelasan tentang fungsi dan pengertian kartu nama bisnis. Sekarang Anda tahu bahwa kartu nama ini memiliki fungsi yang sangat penting dalam sebuah perusahaan. Jadi jika Anda belum punya, segeralah untuk membuat kartu nama ini.