tips-memulai-bisnis-online

Tips Memulai Bisnis Online Paling Cuan di Tahun 2021

Baca juga:  Apa Itu Bisnis Daring dan Pemasaran? Ini Penjelasannya!
Untuk memulai sebuah bisnis yang ada di kebanyakan pikiran orang hanyalah semuah modal. Modal yag paling banyak mereka pikirkan hanyalah uang. Kebanyakan juga masih bingung ingin menjalankan bisnis apa yang paling menguntungkan. Padahal disekitaran rumah saja ada banyak peluang, untuk itu sebaiknya anda harus tahu dulu tips memulai bisnis online agar bisa dapat cuan.

Kalau berbicara masalah bisnis, tidak hanya disekitaran rumah dan dalam bentuk fisik saja. Bahkan dijaman yang serba internet ini sudah ada banyak jenis bisnis yang bisa anda lakukan hanya dengan menggunakan perangkat teknologi seperti laptop dan ponsel. Serta cukup anda jalankan dari dalam rumah saja, bahkan bisa sambil rebahan.

Ide bisnis online adalah sebuah ide yang sangat cemerlang di masa yang serba sulit ini, jangankan untuk mencari pekerjaan, yang sudah bekerja saja banyak yang dirumahkan. Untuk itu sebaiknya anda dari sekarang harus mempunyai jiwa dan pemikiran bisnis agar kedepanya segera bisa punya usaha mandiri dan tidak bergantung dengan sebuah perusahaan maupun kantor tertentu.

Baca juga:  Apa yang Diperoleh dari Belajar Bisnis?

Tips Memulai Bisnis Online

Bisnis online tidak terlepas dengan yang namanya internet maupun media sosial. Bahkan kebanyakan bisnis yang bisa anda jalankan ini tidak membutuhkan modal besar. Jika anda berpikiran untuk memulai sebuah bisnis dengan modal yang besar  itu sangat keliru, coba anda manfaatkan media sosial yang anda punya dari sekarang.

Jangan sampai follower yang sudah mencapai ribuan di media sosial anda menjadi target market yang sia – sia. Coba sesekali posting jualan produk tertentu, jangan isinya cuma curhatan yang kurang penting dan hanya akan mendapatkan komentar yang tidak jelas setiap harinya.

Ada banyak ide bisnis online dan tips memulai bisnis online ini sangat cocok bagi pemula. Diantaranya,

1. Menjadi Reseller

Ada banyak lowongan bisnis online yang ada di internet, namun menjadi reseller sangatlah menguntungkan. Reseller ini anda bisa menjual barang yang ada di online shop ke media sosial atau ke offline dengan orang disekitaran rumah anda.

Sangat efektif dan tidak membutuhkan modal yang cukup tinggi untuk memulainya. Pasarkan produk kepada orang yang tepat, itu kuncinya. Sebagai langkah dasar untuk memulai sebuah bisnis anda juga bisa belajar teknik selling anda marketing. Atau kalau kebanyakan orang juga sering menyebutnya digital marketing.

Kalau anda lihai dalam penjualan dan mencari barang dari produsen, anda bisa cuan tanpa harus mengeluarkan modal yang besar. Bahkan bisa juga tanpa modal. Dengan reseller ini anda bebas menentukan harga jual kembali sesuai yang anda inginkan.

Untuk sumber produsen, anda bisa mengambil saja dari berbagai toko online yang sudah besar. Misalnya saja shopee,lazada, tokopedia dan bukalapak. Anda bisa mengambil barang dari tempat online dan dijual untuk orang terdekat anda, atau bahkan sebaliknya anda mengambil barang dari sekitar rumah anda dan menjualnya secara online.

Berbagai marketplace besar juga sudah menyediakan aplikasi khusus mitra, yang pada intinya sudah bisa menggunakan fitur sebagai penjual dari mitra terkait. Namun kebanyakan hanya produk digital saja seperti pulsa internet, pulsa reguler, pulsa PLN dan berbagai pemmbayaran PPOB lainya. Misalnya bukalapak dan tokopedia yang sudah menyediakanya.

Baca juga:  11 Rekomendasi Bisnis online untuk Pelajar Tanpa Modal, Berani Coba?

2. Bergabung dengan Afiliasi

Jika memang tidak ada modal uang sama sekali, anda bisa mencoba tips memulai bisnis online bagi pemula yang satu ini. Afiliasi merupakan sebuah pekerjaan dimana nantinya anda akan menjual kembali barang dari produsen dan anda akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan yang mengacu pada link yang anda berikan. 

Dengan sistem afiliasi ini anda tidak perlu stock barang, tidak perlu memikirkan biaya pengiriman, dan tidak perlu menyibukkan diri mengurusi orderan. Semuanya sudah ditanggung produsen dan tugas utama anda harus promosi dengan link afiliasi dari produk yang anda tawarkan.

Pembayaran komisi yang bisa anda dapatkan adalah ketika seseorang membeli produk dari link yang anda bagikan. Jika hanya membuka link saja, ini tidak dihitung sebagai closing. Dan disinilah peran anda, anda cukup belajar bagaimana teknik penjualan dalam dunia digital. Kata – kata anda dalam dunia marketing sangat berpengaruh disini, semuanya gratis kalau anda pakai media sosial.

Afiliasi yang paling terkenal dan ada banyak barang yang bisa anda jual kembali adalah berbagai barang yang ada di shopee. Anda bisa mendaftarkan akun anda menjadi akun afiliasi, butuh sampai 4 hari untuk pengajuan data diri akun anda. Jika sudah diterima anda bisa langsung jualan di ssial media anda. Komisi yang ditawarkan juga cukup besar, apalagi kalau anda paham marketing.

Afiliasi ini memang tanpa modal dan sebuah jenis cara bisnis pemula yang paling mudah dan paling cocok untuk yang  belum berpengalaman sekalipun.

Baca juga:  13 Bisnis yang Akan Booming di Tahun 2022 Bisa Anda Pilih

3. Membuat Online Shop, Company Profile atau Landing Page 

Tips memulai bisnis online yang terakhir adalah dengan membuat sebuah website online shop maupun landing page. Dengan website anda bisa menjual baik barang maupun jasa di internet. Sekarang tinggal anda mempopulerkan website yang anda punya di sosial media anda.

Anda bisa belajar cara memulai bisnis online shop baju dengan membuat sebuah website toko online dan anda bisa menuploudnya ke website anda. Atau kalau anda tidak punya produk anda bisa mengambilnya dari berbagai marketplace lokal seperti tokopedia.

Walaupun bisa dilakukan di media sosial dan gratis, namun dengan online shop ini akan terlihat lebih rapi dan profesional.

Baca juga:  11 Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya dan Patut Dicoba!