tabungan yang cocok untuk mahasiswa

Tabungan yang Cocok Untuk Mahasiswa, Cek Di Sini

Seorang mahasiswa yang hidup di kota atau negara orang wajib memiliki sebuah tabungan. Sudah tahukah tentang kriteria tabungan yang cocok untuk mahasiswa

Ya, untuk ukuran seorang mahasiswa rantau, memperhatikan kriteria dan keuntungan memiliki tabungan itu penting. Pasalnya, akan membantu mengelola keuangan agar bisa memiliki dana darurat dan lainnya. 

Ini Dia 7 kriteria Tabungan yang Cocok Untuk Mahasiswa

Saat ini banyak sekali rekomendasi Bank yang menawarkan keuntungan lebih untuk seorang mahasiswa. Namun, tahukah bahwa di balik semua itu, harus ada hal yang menjadi perhatian

Jika masih belum mengetahui apa saja yang harus diperhatikan? Sebaiknya simak penjelasan di bawah ini.

1. Biaya Admin Rendah

Biaya admin masih menjadi momok untuk mahasiswa ketika mendekati akhir bulan. Mengap? Hal tersebut karena biaya admin yang tinggi akan memperburuk keuangan. Apalagi jika mahasiswa tersebut kerap melakukan transfer pembayaran, hingga tarik tunai pada mesin ATM bersama. 

Tentunya jika mengakumulasikannya, jumlahnya bisa cukup tinggi. Jika biaya transfer antar bank adalah Rp6.500 dan biaya tarik tunai Rp7.500 dilakukan 10x dalam sebulan, berapa totalnya? 

Belum lagi dengan tambahan biaya administrasi bulanan yang berkisar antara Rp10.000 – Rp20.000. Sudah pasti sangat memberatkan keuangan, bukan? Namun tenang. Apabila memilih dengan teliti dan tepat, masih ada Bank yang memberikan biaya admin bulanan yang rendah. 

tabungan yang cocok untuk mahasiswa

2. Persyaratan Buka Tabungan Ringan

Untuk bisa memiliki rekening tabungan di era digital seperti saat ini, sangat mudah sekali. Kemudahannya adalah, dapat melakukannya dengan cara online tanpa perlu lagi mendatangi kantor cabang bank tersebut. 

Syaratnya pun mudah, yaitu hanya perlu memberikan foto KTP, swafoto, dan biodata pelengkap lainnya. Proses verifikasi pun dapat dilakukan hanya dengan video call

3. Setoran Awal Tabungan Ringan

Meski masih banyak bank yang memberlakukan aturan setoran awal yang besar. Namun, saat ini tidak sedikit pula yang memberikan syarat setoran awal rendah, sehingga tanpa deposit. 

Menariknya, ada juga yang memberlakukan ketentuan tanpa saldo yang mengendap. Jadi, pintar dan bijaklah ketika hendak memilih tabungan yang cocok untuk mahasiswa. 

4. Menyediakan Layanan Tarik Tunai Nominal Kecil

Pada umumnya, nominal tarik tunai paling rendah di beberapa Bank adalah Rp50.000. Akan tetapi, ada juga yang memberikan nominal 20.000 untuk tarik tunai paling rendah. Dengan demikian, tidak perlu menarik dalam jumlah melebihi kebutuhan.

tabungan yang cocok untuk mahasiswa

5. Menyediakan Fasilitas Mobile Banking

Akses digital mobile banking saat ini sangat penting. Tujuannya untuk mengakomodir  konsep cashless yang mengharuskan siapa pun memiliki fitur QRIS dan virtual account. 

Memiliki mobile banking, juga perlu bagi mahasiswa yang memiliki bisnis sampingan online shop. Kemudahan ini berkat tabungan yang cocok untuk mahasiswa.

6. Memberikan Suku Bunga Tinggi

Memilih Bank dengan suku bunga tinggi pada tabungan deposito itu penting. Apalagi jika hendak menitipkan dana dalam jumlah besar. Tentunya suku bunga akan memberikan banyak keuntungan. 

Akan tetapi, selalu waspada dan lakukan pengecekan kredibilitas Bank sebelum menitipkan dana. Jangan sampai karena iming-iming suku bunga tinggi, asal saja menyetujui tanpa mengecek kredibilitasnya. 

7. Memberikan Fitur Analisa Keuangan

Meski tidak banyak, tetapi ada beberapa bank yang menawarkan fitur analisa keuangan harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan. Fitur tersebut akan membantu mahasiswa dalam menjaga pengeluaran agar tidak membengkak setiap harinya.

Dengan begitu memiliki tabungan yang cocok untuk mahasiswa akan sangat membantu meringankan, mempermudah dan juga menjaga keuangan tetap stabil. Selain itu, membiasakan menabung dengan cara yang tepat dapat melatih kemampuan pengelolaan finansial.

Baca juga:  Cara Daftar E-Banking BRI Agar Lebih Mudah Bertransaksi